Cara Mempercepat Proses Booting Windows

jika komputer maupun laptop anda lemot atau terasa berat saat pertama kali dihidupkan, itu karena terdapat banyak aplikasi yang otomatis jalan di waktu startuo sehingga mempengaruhi proses booting windows anda. Untuk mempercepat proses startup windows anda, saya akan sedikit share tentang bagaimana caranya, berikut caranya:

  1. Matikan program yang tidak di butuhkan saat startup. Caranya klik tombol Start lalu pilih Run atau tekan dan tahan tombol bergambar windows dan tekan tombol R secara bersama-sama. Ketikkan msconfig. lalu pilih tab Startup dan hapus centangan pada program yang tidak begitu perlu dijalankan saat pertama kali komputer atau laptop anda dihidupkan. setelah selesai klik OK.
  2. Jika processor anda memiliki core lebih dari satu, caranya sama yaitu pada msconfig pilih tab Boot. Kemudian pilih Advanced Option. Centang Number of processor dan pilih berapa core processor anda. misalnya processor anda Dual Core jadi pilih number of processornya sebanyak 2 core. Awalnya yang digunakan untuk booting hanya 1 Core tapi jika processor anda mempunyai lebih 1 core kenapa tidak digunakan?? hal ini akan menambah kecepatan booting windows anda.
  3. Jika anda sering internetan dan komputer anda merasa bootingnya lambat, hapus history di browser tersebut begitu pula chacenya.
  4. Matikan gadget yang boros memory
  5. Jika anda ingin lebih cepat lagi yaitu dengan mematikan windows welcome screen. Jadi tampilan welcome windows anda tidak akan muncul. Jika anda ingin melakukannya caranya sama dengan nomer 2 di atas yaitu pada menu Boot centang No Gui Boot. Klik Ok
Cara yang saya sebutkan di atas bisa anda coba dan praktekkan untuk komputer anda atau laptop anda yang lambat ketika proses booting. Jika ada tambahan silakan kasih komentar di kotak komentar bawah ini. Semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: